Apakah Xbox 360 Anda Terlalu Panas Dalam Detik Memulai? Itu Bisa Jadi Pasta Termal

Artikel ini ditujukan untuk pembaca yang sudah akrab dengan dasar-dasar Xbox yang terlalu panas. Dia telah mencoba menggunakan mesinnya di lokasi yang sejuk dan berventilasi baik, jauh dari sumber panas lain, membatasi jam penggunaan, menjaga ventilasi bersih dari debu dan penghalang, dan menjaga kekuatan bata bersih dari karpet. Saya akan membahas bagaimana koneksi yang buruk antara CPU dan heat sink atau GPU dan heat sink-nya dapat menyebabkan masalah overheating yang drastis.

Dalam keadaan terbaik, Xbox memiliki sistem pendingin yang nyaris tidak sejalan dengan penumpukan panas normal. Karena kapasitas pendinginannya sedikit, ia tidak mentolerir pelecehan dengan baik. Kebanyakan orang akan berharap bahwa Xbox, namun disalahgunakan, harus mengambil setidaknya beberapa menit untuk terlalu panas.

Jadi, jika Xbox Anda mendapatkan 2 lampu merah kesalahan (menunjukkan terlalu panas) dalam hitungan detik setelah menyalakannya setelah start dingin, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi.

Salah satu alasan untuk overheating cepat seperti itu adalah apakah CPU atau GPU telah terlepas dari heat sink mereka. Heat sink adalah alat yang menarik kelebihan panas. Untuk melakukan tugasnya dengan benar, heat sink harus berada dalam kontak termal yang baik dengan CPU (atau GPU seperti halnya).

CPU atau GPU dapat memanas dengan sangat cepat jika tidak mendapatkan pendinginan sama sekali. Kedua unit ini mengonsumsi banyak daya untuk ukurannya. Hanya beberapa detik yang diperlukan untuk daya listrik ini untuk memanaskan GPU atau CPU yang tidak didinginkan. Overheating ini sangat cepat sehingga konsol lainnya bahkan tidak punya waktu untuk pemanasan ketika CPU atau GPU yang terlalu panas menyebabkan Xbox mati. Jadi Anda berakhir dengan konsol yang masih terasa keren tetapi berkedip-kedip dua kesalahan lampu merah.

Ada sejumlah cara agar heat sink dapat kehilangan kontak termal. Entah pasta termal sangat tua, atau terlalu banyak pasta termal pada awalnya diterapkan, atau tidak ada pasta sama sekali. Mungkin pencuci yang salah (terlalu tebal) digunakan selama proses perakitan atau heat sink tidak dibaut dengan benar atau mungkin Microsoft meninggalkan beberapa foil pada heat sink.

Saat mengganti pasta termal, ingat untuk membersihkan pasta yang lama terlebih dahulu. Sapu alkohol harus berfungsi untuk ini. Hindari menempatkan terlalu banyak thermal paste karena hanya film tipis yang diperlukan untuk memastikan tidak ada kantong udara antara heat sink dan CPU (atau GPU). Pasta yang baik untuk digunakan adalah Arctic Silver. Melacak mesin cuci spacer yang Anda keluarkan karena harus ditempatkan kembali selama reassembly.

Jika Anda belum pernah mencoba ini sebelumnya tetapi bertekad untuk melakukan ini sendiri, sangat disarankan agar Anda mendapatkan panduan untuk perbaikan semacam ini. Juga perhatikan bahwa garansi Anda dibatalkan setelah Anda membuka konsol. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *